Thursday, April 12, 2018

Sejarah Kue Dorayaki, Kue Favorit Doraemon


77infokuliner, Dorayaki yaitu kue yang datang dari Jepang. Dorayaki termasuk juga kedalam kelompok kue tradisionil Jepang (wagashi). Kue ini memiliki bentuk bundar sedikit tembem. di buat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. 

Dorayaki mempunyai struktur lembut seperti castella karna adonan di beri madu. Dorayaki nyaris sama dengan imagawayaki, tetapi berlainan bentuk serta langkah memanggang. 

Di indonesia, kue ini mulai dikenalkan dengan diputarnya seri anime Doraemon di tv. Tokoh Doraemon mempeunyai kesukaan makan kue dorayaki. 

Dorayaki di indonesia telah sesuai dengan selerah lokal, diantaranya dorayaki diisi cokelat atau keju. 

Pada awalnya, Dorayaki cuma terdiri satu lembar kue bundar dengan pinggir yang dilipat sedikit sampai berupa sisi empat. Di bagian tengah kue di beri selai kacang azuki. 

Pada th. 1914, perusahaan kue Usagiya mengenalkan dorayaki yang di buat serta adonan castella serta terbagi dalam dua lembar panekuk. Dorayaki yang terbagi dalam dua lembar panekuk serta berupa bundar lalu jadi popular di semua Jepang. Di daerah Kansai (Osaka atau Nara), kue ini dikenal juga dengan nama mikasa. 

Kue ini dinamakan dorayaki karna memiliki bentuk yang serupa dengan gong (bhs Jepang : dora). menurut narasi beda, samurai bernama Saito Musashibo Benkei yaitu pencipta kue ini. 

Benkei menderika luka-luka serta mesti dirawat dirumah masyarakat. Sesudah pulih, Benkei memanggang adonan dari kombinasi air serta tepung terigu diatas gong. Akhirnya berbentuk kue bundar diisi kacang merah yang didapatkan pada orang yang merawatnya jadi perkataan terima kasih. 

No comments:

Post a Comment