Wednesday, April 11, 2018

Gurihnya Ikan Mujair Asap Khas Sidoarjo



77infokuliner, Sidoarjo - Sidoarjo di kenal dengan hasil olahan udang serta ikan bandengnya. Umumnya keduanya dihidangkan lewat cara diasap. Tetapi bukan sekedar udang serta ikan bandeng saja yang diasap. 

Ada juga ikan mujair asap yg tidak kalah gurihnya dengan bandeng asap, terlebih apabila dihidangkan dengan sambal terasi. 

Satu diantara sentra usaha ikan mujair asap di Sidoarjo ada di Desa Penatar Sewu Kecamatan Tanggulangin. Di desa ini beberapa besar orang-orangnya lakukan pengasapan ikan mujair. 

Kesibukan pengasapan ikan mujair umumnya diawali sekitaran jam 06. 00 sampai jam 13. 00 WIB. Sebelumnya dikerjakan pengasapan, ikan mujair fresh yang baru didapat dari tambak itu lalu dibikin bersih. Setelah itu dicuci dengan air mengalir. Sesudah teratur rapi lalu diasap diatas panggangan besi didalam tungku. 

" Ikan ini sebelumnya diasap dibikin bersih dengan manual. Sesudah usai dicuci baru diasap. Pengasapannya butuh hati-hati supaya ikan tidaklah terlalu hitam, " kata Masruroh (25), satu diantara penjual mujair asap pada  77infokuliner, di tempat tinggalnya, Rabu (11/4/2018). 



Warga Desa Penatar Sewu RT 8 RW 2 ini mengakui sehari-harinya menggunakan 2, 5 sampai 3, 5 kuintal ikan mujair fresh. Ikan mujair fresh ini didapat dari tambak. Umumnya sang suami yang bertugas beli ikan fresh. 

" Bila menginginkan memperoleh jumlah yang banyak pergi lebih awal sekitaran jam 03. 00 awal hari, " lebih Masruroh. 

Masih tetap kata Masruroh, dengan pergi ke tambak lebih awal, jadi mereka dapat mulai sistem pengasapan lebih awal, yakni sekitaran jam 07. 00 pagi. Ini karna sistem pengasapan yang memerlukan saat sepanjang tiga jam. 

" Sistem mulai awal kami lakukan dengan suami, sesudah jadi ikan asap pemasarannya juga kita berdua. Saya jual ke Pasar Porong, sesaat suami berjualan keliling ke perumahan-perumahan, " terangnya. 

Masruroh menerangkan, usaha ikan mujair asap ini telah dijalaninya mulai sejak empat th. waktu lalu, melanjutkan usaha punya orang tuanya. Bicara mengenai keuntungan yang didapat dari pengasapan ikan mujair ini, Masruroh mengakui lebih dari cukup. Terlebih terkecuali jual ikan mujair asap ke pasar-pasar, ia banyak juga terima pesanan. 

" Bila ada pesanan untungnya cukup lumayan. Ikan mujair fresh kami beli per kilonya Rp 23 ribu, sesaat sesudah jadi ikan mujair asap di jual Rp 48 ribu perkilonya. /harinya dapat untung pada Rp 300 ribu sampai Rp 450 ribu, " ujarnya.  

No comments:

Post a Comment