Sunday, April 22, 2018

Bandeng, Si Ikan Susu yang Kaya Mineral dan Asam Lemak Esensial



77infokuliner, Semarang - Ikan bandeng disenangi karna dagingnya yang gurih walau berduri. Tapi tahukah Anda bila ikan ini kaya nutrisi bahkan juga antidepresi. Ini penuturannya. 

Dalam Jelajah Gizi 2018 yang di gelar Nutricia Sarihusada di Semarang, Prof. Ahmad Sulaeman, MS, PhD menyebutkan ikan bandeng miliki nutrisi yang begitu banyak. 

" Bandeng mungkin saja alternatif pengganti ikan sarden yang tempo hari ramai di orang-orang. Tidak diketemukan cacing dalam ikan bandeng. Gizinya banyak serta komplit, " kata Prof. Ahmad. 


Pria sebagai dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini menguraikan kandungan gizi dalam ikan bandeng. Kandungan proteinnya 17, 1 gr per 100 gr ikan bandeng. Lemaknya juga cukup tinggi yaitu 20, 3 gr per 100 gr ikan. 

" Lemak tinggi tapi lemak yang dikandung ini asam lemak esensial yang berguna untuk tumbuh kembang anak. Asam lemaknya tidak jemu, " kata Prof. Ahmad. 

Diluar itu, ada pula kandungan DHA yang bertindak untuk mencerdaskan otak anak. Ikan bandeng juga adalah hipokolesterolemik yaitu zat yang turunkan cholesterol. 


" Ikan bandeng miliki zat yang turunkan kandungan cholesterol, asal janganlah dibuat lewat cara digoreng, " tegas Prof. Ahmad. 

Ikan bandeng juga miliki sederet nutrisi yang lain seperti mineral, kalsium, sampai fosfor dalam jumlah banyak. " Memiliki kandungan mineral, kalsium dalam jumlah mengagumkan. Pembagian kalsium serta fosfor bagus untuk tulang serta gigi. Ada pula vitaminnya seperti vitamin A serta vitamin C, " terang Prof. Ahmad. 

Daging ikan bandeng juga mempunyai zat yang berperan menghindar depresi pada ibu hamil. Prof. Ahmad menyebutkan satu survey yang dikerjakan di Inggris pada 25. 000 ibu hamil menunjukkan dengan konsumsi ikan bandeng dapat kurangi potensi depresi. 

Argumennya karna dalam ikan bandeng ada zat yang bertindak aktif pada system syaraf manusia. 


Daging ikan bandeng populer gurih serupa susu maka dari itu dimaksud 'milk fish', walau orang terganggu dengan durinya yang banyak. Warga Semarang mensiasatinya lewat cara dibuat dengan pressure cooker sampai durinya lunak. Lalu sisi ikan mana yang terbaik dikonsumsi? 

Prof. Ahmad serta Ibu Darmono sebagai produsen ikan bandeng presto UD Mina Makmur kompak menjawab, semuanya sisi bandeng baik dikonsumsi. 

" Semuanya sisi bandeng bagus dikonsumsi, bahkan juga sisiknya juga tinggi kandungan kalsium. Yang tidak terpakai cuma insang serta bagian-bagian isi perut, " pungkas Ibu Darmono yang diamini Prof. Ahmad. 

No comments:

Post a Comment