Saturday, April 21, 2018

Bakso Gondrong : Ini Bakso Urat dan Bakso Telur yang Paling Populer di Tebet

Ini Bakso Urat dan Bakso Telur yang Paling Populer di Tebet




77infokuliner, Jakarta - Bila melintas di lokasi Tebet, Jakarta Selatan janganlah lupa singgah mencicip semangkuk bakso Gondrong. Ada bakso urat serta bakso telur yang enak! 

Lokasi Tebet memanglah di kenal jadi tujuan wisata kuliner. Banyak tempat makan mulai jajanan kaki lima, kafe kekinian sampai restoran dengan bermacam menu mungkin saja pilihan. 

Satu diantara jajanan kaki lima popular yaitu Bakso Gondrong. Tempatnya memanglah di tenda tepi jalan tapi pembelinya berkerumun ramai. Kami datang pas pada pukul makan siang, antreannya telah menumpuk. 


Ada tiga meja panjang dengan kursi plastik ciri khas penjual bakso tepi jalan. Karena sangat ramainya, semuanya kursi terisi, jadi kami mesti menanti untuk bertukaran dengan konsumen yang lain. 

Tidak lama, pada akhirnya kami memperoleh tempat duduk serta mulai pesan bakso yang aromanya telah tercium gurih semerbak mulai sejak kami datang. 

Ada dua varian bakso disini yaitu Bakso Urat serta Bakso Telur, kami pesan keduanya. Baik bakso urat ataupun bakso telur, keduanya sama di bandrol dengan harga Rp 19. 000. 


Dengan cekatan, pelayan mengolah bakso pesanan kami lalu menghidangkannya dengan kuah kaldu panas yang masih tetap mengepul. Waah! Aroma gurih kaldu sapi semakin menusuk hidung gurihnya. 

Semangkuk bakso ini berisi mie kuning, bihun, taoge, sebutir bakso urat besar atau bakso telur, sebutir bakso kecil serta tahu goreng. Kuah kaldunya cokelat bening dengan sedikit minyak. 

Sebelumnya memberikan sambal serta kecap manis, kami mencicip dahulu kuahnya yang harum gurih ciri khas kaldu sapi. Slurrp! Rasa-rasanya gurih enak dengan sedikit jejak asin dari garam yang ditambahkan terpisah. 


Berlainan dengan bakso tepi jalan yang biasanya ditambahkan MSG jadi penyedap, jadi bakso ini tidak. Pelengkapnya cuma garam, bawang goreng serta irisan daun seledri. Mantap! 

Bakso Urat bikinan si Gondrong termasuk juga bakso urat yang termasuk lembut. Permukaan bakso memanglah tidak mulus tapi waktu digigit bakso ini merasa kenyal dengan cincangan urat yang merasa empuk. 

Sesaat bakso telur, di buat dengan adonan yang lebih lembut tetapi padat jadi merasa teksturnya kenyal. Telur rebus didalam bakso membuatnya semakin enak. 


Ingin kuahnya semakin gurih? cobalah belah bakso telurnya serta biarlah sisi kuningnya larut dalam kuah atau sekalian haluskan dengan punggung sendok. Walau kuah jadi keruh, rasa-rasanya lebih gurih mantap! 

Oya, bakso kecilnya tidak kalah enak, Teksturnya kenyal serta halus. Dalam seporsi cuma diisi sebutir bakso kecil. 

Buat yang menyukai pedas, cobalah berikan sambalnya. Warna oranye sambal cabai rawit merah ini buat rasa bakso semakin nendang. Terlebih bila makannya siang hari, buat keringat bercucuran. 

Telah kenyang makan bakso, waktunya beri kesegaran mulut dengan yang manis-manis. Di samping Bakso Gondrong ini ada es campur gerobakan yang tampak enak. 


Kami pesan seporsi es campur (Rp 15. 000) yang berisi bermacam mulai melon, mangga, pisang, anggur, buah naga sampai bebrapa supaya. Disiram susu kental manis, es batu serta sirup frambozen buat rasa-rasanya manis fresh. 

Kepopuleran Bakso Gondrong ini telah mulai sejak lama. Walau makan di tepi jalan dengan tempat seadanya, pembelinya tetaplah saja banyak. 

Kami pernah ajukan pertanyaan sedikit pada satu diantara pelayan yang malas dimaksud namanya. Nama Bakso Gondrong dipakai karna penjualnya yang bernama Maryanto dahulu mempunyai rambut gondrong. 

Maryanto mulai berjualan bakso mulai sejak 1999 lewat cara berkeliling-keliling memakai gerobak. Makin lama pembelinya semakin banyak serta ia mengambil keputusan untuk mangkal di satu diantara jalan di Tebet. 

Saat ini Maryanto tak akan melindungi dagangannya, ia telah memercayakan pada empat karyawan yang bertugas melayani sehari-hari. 

Tergoda serta penasaran dengan rasa bakso Gondrong? Warung kaki lima ini buka sehari-hari mulai jam 11. 00 sampai 22. 00. 

Bakso Gondrong 
Jl. Tebet Raya No. 71 (Depan Bamboo Dimsum) 
Jakarta Selatan 
Telepon : 087771644598

No comments:

Post a Comment