Saturday, April 7, 2018

Rendang Ayam Harus Renyah? Ini Pendapat Ahli Kuliner Minang Soal Rendang Ayam



77infokuliner, Jakarta - Seseorang juri MasterChef Inggris mengatakan rendang ayam mesti renyah. Lantas seperti apa pendapat pakar kuliner Minang masalah persyaratan kelezatan rendang ayam? 

Di sosial media tengah ramai pembicaraan tentang rendang ayam. Hal semacam ini dipicu kritik juri MasterChef Inggris pada nasi lemak buatan kontestan berdarah Malaysia, Zaleha Kadir Olpin. 

Sang juri, Gregg Wallace, menilainya kulit rendang ayam buatan Zaleha tidak renyah. " Kulit ayamnya tidak renyah, ini tidak dapat dikonsumsi. Bumbu yang membalur ayam juga tidak dapat saya makan, " tutur Gregg di sesi perempat final MasterChef Inggris musim paling baru. 



Tidak ayal kritik untuk Gregg segera membanjiri sosial media. Netizen menyebutkan Gregg tidak tahu apa-apa masalah langkah memasak rendang. Terutama menilainya kerenyahan kulit rendang ayam serta keempukannya. 

Dihubungi detikFood (3/4), Reno Andam Suri sebagai pakar kuliner Minang menuangkan gagasannya. " Bila kita bicara rendang Minang, ayam waktu dipotong jadi juga akan segera dikupas kulitnya. Jadi bila ke tempat tinggal makan Padang, semuanya sajian ayam juga akan tanpa ada kulit, " papar wanita dengan sapaan Uni Reno ini. 



Sistem pemrosesan ayam sesuai sama itu juga berlaku untuk rendang ayam. " Jadi ayamya juga akan tanpa ada kulit, " sambung Uni Reno, penulis buku 'Rendang Traveller. ' 

Dengan kata beda, bila seorang menilainya kulit rendang ayam mesti renyah, jadi hal tersebut kurang pas mengingat rendang ayam tidak mempunyai kulit. Tetapi Uni Reno mengutamakan jawabannya mengacu pada rendang ayam versus Sumatera Barat. 

Masalah bumbu, rendang di Indonesia serta Malaysia sesungguhnya tidak jauh berlainan. Uni Reno menjelaskan, " Bumbu minimalis ya tentu ada (bawang merah, putih, jahe, laos, cabe), kunyitpun bergantung selera. Lalu ada yang memberikan rempah (kapulaga). " 

Dari sisi rasa, " Bila rendang Malaysiapun rasa-rasanya sama, standard bumbu minimalis. Lalu jadi resep rahasia bila chef memberikan bahan beda, " lanjut Uni Reno. 



Yang memiliki usaha Rendang Uni Farah ini membahas masalah keempukan rendang yang dimaksud juri MasterChef Inggris mesti begitu empuk. Rendang ayam disebutkan John Torode mesti begitu lembut serta gampang dipisahkan. 

Uni Reno menyebutkan, " Setiap negara yang serumpun juga akan berlainan tingkat kematangan rendangnya. Bila hingga step kalio, ya juga akan empuk. Tapi bila dibuat hingga kuah kering, juga akan turut kering sisi dalamnya, " 

" Tersebut maka dari itu susah melombakan rendang. Karna semasing negara, semasing orang serta tempat tinggal miliki standard sendiri, " pungkas Uni Reno. 

No comments:

Post a Comment