Tuesday, April 10, 2018

Gurih Enak Keripik Pisang dan Keripik Singkong, Camilan Saat Santai



77infokuliner, Jakarta - Bagi yang suka camilan gurih renyah, keripik selalu jadi pilihan. Ada keripik pisang dan singkong yang masih banyak dijual dengan harga murah meriah.

Keripik pisang adalah camilan khas Lampung. Biasanya memakai pisang kepok, raja, tanduk, kapas, nangka, atau pisang Ambon yang masih setengah matang sebagai bahan utama pembuatannya.

Membuat keripik pisang cukup mudah. Pertama, pisang dikupas lalu diiris melintang, bujur atau miring. Biasanya ukuran irisannya tipis sehingga tekstur keripik pisang nantinya garing.

Setelah itu pisang direndam dalam larutan kapur sirih dan garam. Terakhir pisang digoreng dalam minyak panas hingga seluruh permukaannya terendam. Penggorengan dilakukan hingga pisang garing dan berwarna kuning keemasan.

Keripik pisang banyak dijajakan di gerobak yang menetap di satu lokasi. Biasanya hanya menawarkan satu rasa yaitu gurih. Harganya cukup bervariasi, sekitar Rp 10.000 per kantung ukuran sedang.

Penjual keripik pisang gerobak umumnya juga menjual keripik singkong. Sama seperti pisang, proses pembuatan singkong menjadi keripik juga melalui tahap pemotongan tipis hingga digoreng kering dalam minyak panas dan banyak.



Keripik singkong tersedia dalam rasa asin dan manis. Untuk rasa asin, keripik hanya ditambahkan sedikit garam lalu diaduk rata. Rasa ini merupakan rasa asli atau original dari keripik singkong.

Sedangkan rasa manis keripik singkong berasal dari pemakaian bubuk gula halus berwarna putih. Bubuk gula ini dibaluri merata di permukaan keripik singkong. Mengenai harga, keripik ini dijual tak jauh beda dari keripik pisang.

Nah, kalau ngiler keripik pisang atau singkong, coba sambangi area-area yang ramai pusat penjual jajanan. Di sekitar stasiun atau perumahan, biasanya penjual keripik mudah ditemui.

No comments:

Post a Comment