Saturday, May 12, 2018

TIps dan Trik Bikin Sambal Enak untuk Pelengkap Buka dan Sahur


77infokuliner, Jakarta - Waktu buka serta sahur sambal jadi pelengkap harus. Supaya dapat nikmati sambal enak, sebaiknya buat sendiri. Ikuti saja sebagian panduan praktis ini. 

Bila juga akan disimpan sekian hari, baiknya sambal di buat masak serta disimpan dalam wadah bertutup rapat. Stock sambal ini juga akan jadi penyemangat waktu bersantap sahur serta berbuka puasa. Walau bahan intinya cabe, namun untuk buat sambal masak yang enak, ada banyak hal yang butuh di perhatikan. 


1. Cabe merah besar atau keriting 

Bila menginginkan cabe yang pedas, gunakanlah semakin banyak cabe keriting ditambah dengan cabe rawit merah. Cabe merah besar semakin banyak airnya, sesaat cabe keriting semakin banyak bijinya. Bila tidak sukai rasa pedas menyengat, pakai semuanya cabe merah besar serta buang bijinya. 

2. Bahan yang perlu disiapkan 

Untuk buat sambal sediakan 100 g cabe merah besar, 50 g cabe merah keriting, 10 buah cabe rawit merah, 8 butir bawang merang, 4 siung bawang putih, 1 sdt terasi goreng serta 1 sdt garam. Bila sukai rasa sambal yang asam fresh berikan 1 buah tomat merah. 

3. Melembutkan cabe 

Pakai cobek serta ulekan untuk melembutkan beberapa bahan cabe. Bila ada dapat digunakan food processor atau grinder bumbu. Supaya lebih gampang akhirnya, bila menggunakan mesin, berikan sedikit minyak. Baiknya janganlah memberikan air karna kelak juga akan butuh sistem masak yang lama untuk menguapkan air dalam sambal. 

4. Memasak sambal 

Ada dua langkah yang dapat Anda tentukan. Yang pertama, goreng cabe, tomat serta bawang sebelumnya dihaluskan. Cabe semakin lebih lunak serta gampang dihaluskan. Namun sambal ini tidaklah terlalu tahan disimpan lama. Langkah yang ke-2, haluskan bumbu lalu tumis dengan minyak agak banyak sampai sambal mendidih serta masak. Karna dibuat lama serta air pada cabe telah menguap, sambal ini lebih tahan disimpan lama. 


5. Menaruh sambal 

Sediakan botol bersih serta kering yang bertutup rapat. Yakinkan sambal telah dingin lantas masukan kedalam botol serta tutup rapat. Sambal tahan disimpan sekian hari di suhu ruang. 5. Penggunaan sambal Sambal masak ini tidak cuma untuk cocolan saja, namun dapat menolong Anda mempersiapkan masakan lebih cepat. Pakai untuk buat nasi goreng, mie goreng pedas, untuk menumis sayuran atau untuk berikan rasa pedas kaldu atau kuah.

No comments:

Post a Comment