Sunday, May 13, 2018

Nikmati Uttapam dan Chicken Tikka dengan Sentuhan Modern dari Chef Akhsay Bardwaj


77infokuliner, Jakarta - Di tangan chef Akhsay Bardwaj, sajian tradisionil India di buat moderen dengan presentasi menarik. Satu diantaranya uttapam bertopping caviar. 

Dengan spesial Fairmont Jakarta mengundang Akhsay Bardwaj untuk buat hidangan khusus di VIEW Restaurant serta Spectrum pada 10-13 Mei 2018. Chef muda berdarah India ini yaitu Executive Chef Junoon Restaurant yang disebut hanya satu restoran India berbintang Michelin di New York, Amerika Serikat. 

Terlibat perbincangan dengan 77infokuliner (9/5), chef Akhsay menceritakan masalah sajian India moderen yang dibuatnya. " Kami cobalah 'mengawinkan' sajian tradisionil India dengan budaya New York City. Satu kota yang jadi pencampuran bermacam budaya, keragaman serta latar belakang berlainan, " tutur chef Akhsay. Ia juga konsentrasi memakai bahan fresh seperti buah serta sayuran musiman waktu memasak. 


Disadari chef Akhsay dianya lakukan penyesuaian supaya cita rasa sajian India tradisionil dapat di terima lebih luas terlebih oleh beberapa orang Barat. " Kami buat sajian India biasanya, gunakan rempah yang sama dengan di India. Tapi ketika yang sama, kami juga gunakan banyak bahan serta tehnik memasak lokal (Barat) hingga satu sajian jadi dapat di nikmati, " papar chef yang meniti pendidikan akuntan ini. 

Pada Four Hands Dinner sekian hari lantas, chef Akhsay bekerjasama dengan Hans Christian sebagai chef dari VIEW Restaurant. Keduanya menghadirkan " Exploration of Spices, " satu rangkaian sajian India yang dipasangkan dengan wine. 

Dari jejeran amuse bouche, Eggplant Chaat buatan chef Akhsay serta chef Hans menarik perhatian. Berbentuk potongan terung goreng tepung dengan penambahan chutney asam, red onion serta bumbu rempah bubuk ciri khas India, Chaat Masala. 

Menu dilanjut dengan Sturgeon Uttapam. Pancake tradisionil India memiliki bahan tepung beras serta kacang lentil ini di beri penambahan caviar serta chutney kelapa. Akhirnya uttapam-pun merasa lebih mewah. Yang tidak kalah unik, Heart of Banana. Berbentuk bunga pisang yang dibumbui tomat serta cabai. Ada pula penambahan delima serta rempah manis. 

Chicken tikka juga di buat khusus oleh chef Akhsay serta chef Hans. Potongan ayam empuk merasa pedas dan gurih kuat karna menggunakan 'ghost chili. ' Tambahannya puree pistachio serta pepaya yang membuatnya berlainan. 

Untuk menu paling utama, chef Akhsay buat pilihan barramundi panggang dengan saus moilee atau daging domba saus kurma. Hidangan ditutup dengan dessert shahi tukra. 

Tentang kariernya bekerja di Junoon Restaurant, chef Akhsay terasa ada penambahan desakan karna restoran ini memperoleh bintang Michelin sepanjang 8 th. berturut-turut. Namun di bagian beda ia terasa terhormat dapat bekerja di restoran yang dianugerahi bintang Michelin. 

" Perolehan besar memperoleh bintang Michelin 8 th. berturut-turut. Ini yaitu warisan yang perlu dijaga. Menantang tapi membuat tim, pilih orang yang pas serta mencari orang yang visinya sama, berikut suatu hal yang saya lakukan, " pungkas chef Akhsay.

No comments:

Post a Comment