Tuesday, May 8, 2018

Nostalgia Ayam Panggang Plus Nasi Uduk Cemara


77infokuliner - Yang suka ayam panggang kadang-kadang tidak ada kelirunya bila singgah ke Kedai Cemara. Di kedai ini ayamnya dibumbui meresap dengan kombinasi rasa manis-manis pedas yang enak. Bila sukai bisa ditambahkan tempe bacem, sambal, plus sayur asem. Nyam nyam... ditanggung ketagihan! 

Masa lalu masa kecil keluarga saat tempat tinggal masih tetap di daerah Tanjung Duren buat saya teringat juga akan tempat tinggal makan mungil bernama Kedai Cemara. Di kedai ini yang jadi menu andalan yaitu ayam panggang serta ayam gorengnya. Walau tempatnya tidak luas tapi pengunjungnya banyak, terlebih beberapa pelanggannya mulai sejak belasan th. kemarin. Dari pegawai kantoran hingga rombongan keluarga. 

Kedai Cemara ini telah ada dari th. 1990-an, dibuat oleh seseorang kakek tua yang awalannya berjualan dimuka tempat tinggalnya di Tanjung Duren. Lalu ia pernah geser ke tepi jalan raya Tanjung Duren yang saat ini digerakkan oleh generasi ke-2 serta saat ini sudah kembali sekali lagi ke tempat tinggal. 

Keunikan sajian di Kedai Cemara ini semua menggunakan bumbu bacem, dari mulai ayam, tempe, tahu, hingga usus. Semuanya makanannya ditempatkan dalam wadah-wadah yang disimpan etalase yang berada di sisi depan tempat tinggal makan. Ayam panggang Cemara ini dagingnya lembut, ayamnya dipresto hingga bumbu yang terbagi dalam kemiri, sedikit bumbu kacang tanah, gula, asem jawa meresap prima. Tidak heran bila rasa bumbunya meresap banget sampai ke tulang. 

Ayam ini dapat diambil dalam dua rasa yakni manis serta pedas manis. Paling enak dikonsumsi dengan cocolan sambel gorengnya yang pedas manis itu loh hmm... mantap. Walau buat yang menyukai pedas mungkin saja rasa pedasnya kurang menonjok! Makan ayam panggang ini paling enak ditemani nasi uduk yang ditaburi dengan bawang goreng yang royal. Nasinya pulen serta harum, buat semangat untuk memakannya. Sayur asemnya porsinya banyak juga dengan kuah kuning kemerahan serta gerusan kacang. Pas disantap temani si ayam panggang. 

Bila telah makan ayam ini, rasa-rasanya pingin nambah selalu... Yang pantas di acungkan jempol, rasa bumbu ayam serta sambelnya berkelanjutan alais tidak sempat beralih dari dahulu sampai saat ini walau telah beralih generasi. Senantiasa enak serta cocok di lidah! Di Kedai Cemara juga ada juga menu tahu, tempe, hati ampela, yang diungkep dengan bumbu ciri khas Kedai Cemara dan mie ayam yang buat makan malam dengan keluarga semakin komplit. 

Wah sesudah menulis ini jadi ingin balik sekali lagi ke Tanjung Duren serta membawa pulang ayam cemara buat oleh-oleh keluarga. Yummy! 

Kedai Cemara

Jl. Tanjung Duren Barat VI No.29
Jakarta Barat
Telp . 021-5662989

No comments:

Post a Comment